Pengertian Geografi

oleh geomania

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Anak-anaku kelas x, pertama kali membuka buku geografi SMA biasanya diawali dengan pengenalan tentang geografi. Pada halaman-halaman awal ditemui tentang pengertian geografi, konsep geografi, aspek geografi, dan lain-lain. Hal tersebut mafhum, agar kalian semua lebih memahami tentang hal yang paling mendasar tentang geografi.

Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gêo (“Bumi”) dan graphein (“menulis/ menggambar”, atau “menjelaskan”). Jadi, jika digabungkan, geografi itu ilmu yang menggambarkan/ menjelaskan tentang bumi.
Ada pula yang mengatakan, bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi.

Pengertian Geografi menurut para ahli :

  1. Erastothenes : geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi.
  2. Ellsworth Hunthington: memandang manusia sebagai figur yang pasif sehingga hidupnya dipengaruhi oleh alam sekitarnya.
  3. Menurut Rhaod Murphy
    Dalam bukunya The Scope of Geography Rhaod Murphy menulis tentang ruang lingkup kajian geografi, yang terdiri atas tiga hal pokok yaitu:
    1. Persebaran dan keterkaitan (relasi) manusia di bumi serta aspek keruangan dan pemanfaatannya bagi kehidupan manusia.
    2. Hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan fisik alam yang merupakan bagian dari kajian keanekaragaman wilayah.
    3. Kajian terhadap region atau wilayah. Kajian terhadap region atau wilayah ini merupakan telaahan yang paling komprehensip dan terpadu antara unsur-unsur wilayah. Oleh karena itu kajian regional merupakan obyek formal geografi.
  4. Menurut Claudius Ptolomaeus, geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.
  5. John Mackinder (1861-1947) seorang pakar geografi memberi definisi geografi sebagai satu kajian mengenai kaitan antara manusia dengan alam sekitarnya.
  6. Ekblaw dan Mulkerne mengemukakan, bahwa geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati.
  7. Preston E. James mengemukakan geografi berkaitan dengan sistem keruangan, ruang yang menempati permukaan bumi. Geografi selalu berkaitan dengan hubungan timbal balik antara manusia dan habitatnya.
  8. Menurut Ullman (1954), Geografi adalah interaksi antar ruang.
  9. Maurice Le Lannou (1959)mengemukakan bahwa Objek study geografi adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi.
  10. Paul Claval (1976) berpendapat bahwa Geografi selalu ingin menjelaskan gejala gejala dari segi hubungan keruangan.
  11. Menurut Daldjoeni:
    Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup 3 hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi, dan region (wilayah). Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran gejala baik yang alami maupun manusiawi di muka bumi. Kemudian dalam hal ekologi, geografi mempelajari bagaimana manusia harus mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Adapun dalam hal region, geografi mempelajari wilayah sebagai tempat tinggal manusia berdasarkan kesatuan fisiografisnya.
  12. Prof. Bintarto : Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di muka bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi baik yang fisikal maupun yang menyangkut mahkluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatan keruangan, ekologikal dan regional untuk kepentingan program, proses dan keberhasilan pembangunan.
  13. Menurut I Made Sandy :
    Geografi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha menemukan dan memahami persamaan-persamaan dan perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi
  14. Menurut hasil seminar dan lokakarya para pakar geografi di Semarang:
    Geografi adalah pengetahuan mengenai persamaan dan perbedaan gejala alam dan kehidupan di muka bumi (gejala geosfer) serta interaksi antara manusia dengan lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan.
  15. Menurut UNESCO (1956) :
    Geografi didefinisikan sebagai: 1. satu agen sintesis; 2. satu kajian perhubungan ruang; 3. sains dalam penggunaan tanah.

Sumber : id.wikipedia

12 Komentar to “Pengertian Geografi”

  1. doeloe seneng dengan pelajaran geografi, serasa membaca kisah masa lalu dan masa kini
    salam kenal

  2. saya sudah lama ga belajar ttg geografi pak……. hehehe

    • Dengan posting bawang merah, telur asin, dll diblog Mas itu sudah lebih dari belajar biasa. Mas Mabruri sudah memberi pelajaran geografi, tepatnya geografi persebaran tumbuhan dan hewan. Termasuk sy jg bny mengambil pelajaran dari Mas Mabruri … hehe …

  3. super!!! lengkap banget mas🙂
    terimakasih infonya mas🙂

  4. weleh…weleh…weleh…kalo aku dapat pelajaran ini dah ga mampu menghapal sekian banyak.

  5. kalau menurut sahabat2 Rosulullah ada tidak atau ahli ilmu muslim…..

    • Wallaikum salam Wr.Wb.
      Ada yg menyebutkan waktu zaman Nabi ilmu tidak di pisah-pisahkan, semuanya ada di Al Qur’an. Mulai dari terbentuknya bumi – penghamparan langit, musim, peredaran tata surya, tentang arah angin, dll. ada didalamnya. Ilmuwan muslim tambah gencar mempelajari ilmu geografi saat zaman Khalifah Al Ma’mun. Saat itu ada banyak geograf muslim yg sangat terkenal dengan Surah Al Ard (Morfologi Bumi). Disusul dengan Al Kindi dengan “Keterangan Tentang Bumi yang berpenghuni”. Dan masih banyak lagi ilmuwan muslim yang sangat terkenal, yang diakui di barat dan di timur.

  6. hmmm,geografi,…saat SMA ckup mnyebalkan,krn harus menghafal berbagai bangsa dan seluk beluknya,..
    bagaimana sih agar mudah menghafal smw itu dgn menyenangkan??:mrgreen:

  7. Good day very nice web site!! Man .. Beautiful .
    . Amazing .. I will bookmark your website and take the feeds additionally?
    I’m satisfied to search out numerous useful information right here in the submit, we need work out extra strategies in this regard, thank you for sharing. . . . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s