Mencoba Mengenal Indonesia lagi

oleh geomania

Tugas Geografi, 25/06/2011 : Ada yang menyebutkan kalau Indonesia itu dulunya nusantara. Yakni suatu gugusan ribuan pulau besar dan kecil. Semuanya hijau royo-royo. Indah dipandang bak bidadari dari kahyangan. Keindahannya telah mengundang decak kagum bangsa luar nusantara. Bangsa-bangsa itu datang seperti gelombang yang bertubi-tubi. Dari bangsa Portugis, Belanda, Inggris, sampai tetangga sipit kita, Jepang.

Sayang kehadirannya saat itu tidak memberi keuntungan bangsa nusantara. Kehadirannya merusak, tidak saja alamnya, tapi juga manusianya. 350 tahun produk rempah hayati nusantara mengalir ke negeri kincir angin, mengisi kas kosong negeri itu. Bangsa nusantara bekerja telanjang dada, padahal mereka telah menanam ribuan hektar hamparan kapas. Bangsa nusantara kurus kering, padahal disekelilingnya tumbuh aneka tanaman yang mereka sendiri tidak mampu menghitungnya.

Sekarang bangsa nusantara telah menjadi Indonesia. Ada berapa pulau jumlah pulau di Indonesia? Dulu guru geografi pernah bilang pulau di Indonesia ada 13.667. Sekarang Jumlah pulau di Indonesia menurut data Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2004 adalah sebanyak 17.504 buah. 7.870 di antaranya telah mempunyai nama, sedangkan 9.634 belum memiliki nama.

Namun seorang siswa pernah protes kalau pulau di Indonesia jumlahnya 17.503. Saya jadi bertanya dari mana beritanya? Sang murid menjawab, dari berita TV. Saya bilang itu salah sebut. Bapak yang tidak tahu perkembangan, dua pulau kita Timor Timur di ambil separoh, terus Sipadan – Ligitan juga separoh. Itu kan sama saja kehilangan satu pak …

Ya ..ya … saya jadi terhenyak, ditengah kemerdekaan ini Indonesia kehilangan pulau sepotong demi sepotong. Ternyata Indonesia kini masih menyisakan pesona keseksiannya, hingga semua tertarik untuk memilikinya. Bahkan ada yang bilang kalau mereka (bangsa luar) lebih tahu kekayaan sumberdaya alam dari permukaan hingga perut buminya. Dari satelit mereka yang bersilewaran diatas kita, mereka tahu potensi, jumlah, dan sampai kapan sumberdaya didalamnya bisa habis.

Tapi alhamdullillah ada kabar gembira, sekarang Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) secara berkala mengadakan Ekspedisi untuk menyediakan informasi geografi suatu wilayah Indonesia. Mengenai ekspedisi klik disini. Semoga melalui ekspedisi ini kita lebih tahu potensi bangsa sendiri daripada bangsa lain. Amin

12 Komentar to “Mencoba Mengenal Indonesia lagi”

  1. wah, jadi ada program baru pemerintah soal pemetaan wilayah ya pak? semoga memberikan dampak yang luar biasa baik kedepannya.

  2. Teringat ketika semasa sekolah menengah, saya sangat senang pelajaran geografi, karena bisa mengenal keunikan alam nusantara dan dunia.
    SALAM… 8)

  3. moga-moga pulau / daerah Indonesia tidak semakin berkurang… demikian juga dengan budayanya

  4. mengapa pemimpin kita tidak pernah menyadari hal tersebut. kekayaan alam hanya dijadikan komoditas saja. persetan mau rusak, tak terurus bahkan hilang diambil orang lain, mereka tidak peduli bahkan mereka ikut andil (mungkin?…). mungkinkah itu sifat bangsa indonesia? jika memimpin dan punya uang suka lupa daratan? … ayo kita generasi penerus cobalah kita merubah presepsi tersebut:mrgreen:

    *salam kenal, BTW senang sekali berkenalan dengan orang yang mencintai geografi dan alam indonesia.:D

    • Begitulah pemimpin kita, tidak mau disebut gagal. Suka main klaim yang terbaik. Mainannya angka, prosentase, seperti ekspor naik, eh pengangguran juga naik. Sdm Indonesia naik, eh angka putus sekolah juga naik. Setuju mas mungkin memang tabiat mereka demikian. Oke sebagai generasi muda mari kita bermain peran yang lebih baik dari mereka. Mulai dari yang paling sederhana … Salam kenal juga. Saya juga senang dengan anak mudah seperti mas yang selalu semangat

  5. saya cuman baru bisa ngubek ubek seputar semarang saja pak, belum bisa seluruh Indonesia….

    • Saya juga belum semua. Baru ngluthek di Samarinda. Biasane Ngubek nganggo dunia maya mas, malah bukan cuma Indonesia thok. InsyaAllah sakndunyo iso diubek2. Terimakasih Mas Yono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s