Fahriza Pembuat Seismograf dari Barang Bekas

oleh geomania

Inspiratif. Fahriza Nur Erowati, siswa SD N 03 Jember Lor mampu menciptakan alat pendeteksi gempa (seismograf). Jangan dibayangkan alat ciptaannya itu dibikin dari bahan-bahan mahal seperti seismograf di BMKG. Seismograf itu ia buat dari kayu, pipa paralon, bandul, tali crack, relay, terminal kabel, bel listrik dari bel sepeda motor, saklar, aki dua belas volt, dan bahan lainnya yang mudah didapatkan.

Meski sederhana bukan berarti tidak ilmiah. Apalagi alat ini hendak dikutsertakan dalam lomba siswa berprestasi tingkat propinsi. Maka itu ia melengkapi referensinya dari medai internet dan buku-buku tentang keseismografan. Tidak dapat pungkiri, proses pembuatan ini juga bidani oleh Eni Sri Lestari, sang guru pembimbing.

Menurur Fahriza, “Sentuhan membuat arus listrik yang berasal dari aki akan mengalir menuju alarm dan akhirnya membunyikan alarm” .

Harapanya dengan alat ini gempa dapat dideteksi sedini mungkin, sehingga jumlah korban gempa dapat diminimalisir. Apalagi Jember meski relatif stabil dibanding daerah lain, tapi tidak menutup kemungkinan gempa bisa terjadi didaerah itu. Soalnnya Jember Selatan merupakan bagian tempat pertemuan lempeng tektonik (Indo Australia – Eurasia).

Lebih dari itu, proses kreatif ini merupakan ide besar. Hal mana kadang masyarakat dilatih mitigasi bencana, hanya kadang minim sarana. Jadi semoga alat ini menjadi jawaban dari keminiman sarana prasarana yang sering disebut mahal.

Dan tidak sebatas pada seismograf, harapanya bisa lahir karya-karya lain dari anak bangsa. Karya yang murah tapi berkualitas. Karya yang bermanfaat buat kehidupan.

O l e h : Suretno
Sumber :www.news.okezone.com

6 Komentar to “Fahriza Pembuat Seismograf dari Barang Bekas”

  1. Wow, anak-anak didik di negeri ini sebenarnya mempunyai kreatifitas yang tinggi. Jika mendapat bimbingan yang benar dan berkelanjutan pasti akan menjadi orang2 besar.

    • Setuju Mas Ali … InsyaAllah menyibukan anak dg permainan/kreatifitas yg mendidik harapannya bs lebih baik. Terimakasih kunjungan baliknya. Maaf tidak izin sebelumnya, saya pasang blog Mas Ali. Biar klik langsung bisa ktmu.

  2. semoga masih banyak fahriza lainnya yang kreatif.

  3. wah,..kreatif…
    smg banyak bermunculan fahriza2 selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s