Gempa bertubi-tubi di Indonesia

oleh geomania

EPISENTRUM

TITIK PUSAT GEMPA (BMKG,doc)

Masih ramai berita tentang gempa Jepang, tiba-tiba muncul getaran gempa 5,3 SR di Indonesia. Tepatnya di 113 km Barat Daya laut Sukabumi, pada hari Minggu. Kejadian ini tentu membuat panik warga pesisiran pantai Tasikmalaya, Jawa Barat.

Namun gempa serupa dengan besaran serupa juga terjadi di 12 titik di Indonesia selama bulan Maret 2011. Merunut ke belakang gempa sebelumnya terjadi pada 19 Maret 2011 Pkl. 09.33.46 WIB. Wilayah gempa di daerah Sumatera Utara tepatnya 63 km barat daya Gunung Sitoli, Sumut. Gempa tersebut juga sama dengan di Sukabumi, yakni 5,3 SR. Pada tanggal yang sama, gempa dengan kekuatan magnitudo  5,1 SR juga menggetarkan Yogyakarta. Gempa ini terjadi pada pkl. 08.16.12 WIB, tepatnya di 142 km tenggara Wonogiri, Yogyakarta. Satu minggu sebelumnya, dua titik gempa juga terjadi di Indonesia.  Gempa tersebut terjadi di Saum Laki, Maluku pada tanggal 12 Maret 2011. Magnitudo gempa tersebut dicatat BMKG sebesar 5,0 SR. Sementara di sebelah timurnya, tepatnya di Jayapura, Papua gempa terjadi dengan magnitudo 5,4 SR.

Kurang lebih 12 jam sebelum terjadi gempa dahsyat di Jepang, di Sumbawa Besar, NTB juga terjadi gempa dengan magnitudo 6,6 SR. Dibanding dengan hiposentrum gempa yang lainnya,  gempa di NTB ini yang paling dalam yakni 523 km selama bulan Maret.

Tanggal 9 Maret stasiun BMKG juga mencatat gempa dengan magnitudo 5,1 berhiposentrum 10 km di Bitung, Sulawesi Utara. Gempa dengan kepala 5,0 SR juga terjadi di Bintuhan, Bengkulu. Di Waingapu, NTT juga tercatat gempa dengan magnitudo sama, 5,0 SR, dan terjadi pada tanggal 6 Maret.  Pada 3 Maret juga terdapat 3 titik gempa di Indonesia, yakni di 160 km TimurLaut MELONGUANE-SULUT dengan magnitudo dan kedalaman 5.7 SR 10 Km. Titik kedua terjadi pada 15:12:13 WIB dengan magnitudo 5.3 SR dan kedalaman hiposentrum 120 Km epatnya di 215 km BaratLaut SAUMLAKI-MALUKU. Dan titik terakhir gempa terjadi pada pukul11:30:16 WIB dengan magnitudo 5.1 SR dengan kedalaman hiposentrum 20 Km di 154 km BaratDaya LAIS-BENGKULU.

Sayangnya berita gempa di tanah air kita seperti tak terdengar gaungnya. Baru setelah gempa populer di Jepang, gempa Sukabumi sedikit ramai diberitakan. Padahal masyarakat semestinya tahu rentetan gempa di Indonesia yang susul menyusul. Tapi beruntung di Indonesia terdapat lembaga yang siap memabarui berita gempa dari saat ke saat. Lebih lengkap kunjungi saja http://www.bmkg.go.id

Mengapa gempa di Indonesia sering terjadi gempa? Lihat anak-anaku peta gempa di Indonesia ….

PETA GEMPA INDONESIA

PETA GEMPA INDONESIA

Peta diatas menggambarkan kalau di Indonesia merupakan wilayah yang rawan gempa.

Gambaran khusus mengapa di Indonesia bagian barat terjadi gempa dapat di amati pada ilustrasi subduksi dibawah ini :

Subduksi

Subduksi lempeng Eurasia dan Indo Australia

Di tulis oleh : Suretno

Sumber : BMKG dan Antara

2 Komentar to “Gempa bertubi-tubi di Indonesia”

  1. semoga kita slalu diberi keselamatan, amiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s