Persebaran Hewan

oleh geomania

Oleh : Suretno
Sang ilmuwan, Alfred Russel Wallace (1876) membagi wilayah persebaran fauna atas 8 wilayah yaitu: Oriental, Paleartik, Ethiopian, Neartik, Neotropik, Australian, Oceanik dan Antartik. Ilmuwan ini juga telah memetakan tiga wilayah persebaran fauna di Indonesia (Indonesia bagian barat, tengah, dan timur). Pengembaraanya selama bertahun tahun tidak sia-sia, ribuan serangga, hewan besar – kecil telah dibukukan dengan sangat rapih (Menjelajah Nusantara/ Ekspedisi of Malaya). Kurang lebih pembagian fauna dunia menurut naturalis ini bisa dilihat dibawah ini!

Peta Persebaran fauna dunia - A.R. Wallacea : Encarta

Peta Persebaran fauna dunia - A.R. Wallacea : Encarta

Persebaran Fauna Dunia
Region Fauna
1. Fauna Oriental

    Fauna di wilayah ini tersebar di kawasan Asia terutama Asia Selatan dan Asia tenggara. Fauna Indonesia yang masuk wilayah ini hanya di Indonesia bagian Barat. Hewan yang khas wilayah ini adalah harimau, orang utan, gibbon, rusa, banteng, dan badak bercula satu. Hewan lainnya adalah badak bercula dua, gajah, beruang, antilop berbagai jenis reptil, dan ikan. Adanya jenis hewan yang hampir sama dengan wilayah Ethiopian antara lain kucing, anjing, monyet, gajah, badak, dan harimau, menunjukkan bahwa Asia Selatan dan Asia Tenggara pernah menjadi satu daratan dengan Afrika.

fauna oriental

fauna oriental

2. Fauna Paleartik

    Wilayah persebarannya sangat luas meliputi hampir seluruh benua Eropa, Uni Sovyet, daerah dekat Kutub Utara sampai Pegunungan Himalaya, Kepulauan Inggris di Eropa Barat sampai Jepang, Selat Bering di pantai Pasifik, dan benua Afrika paling Utara. Kondisi lingkungan wilayah ini bervariasi, baik perbedaan suhu, curah hujan maupun kondisi permukaan tanahnya, menyebabkan jenis faunanya juga bervariasi. Beberapa jenis fauna Paleartik yang tetap bertahan di lingkungan aslinya yaitu Panda di Cina, unta di Afrika Utara, binatang kutub seperti rusa Kutub, kucing Kutub, dan beruang Kutub. Binatang-binatang yang berasal dari wilayah ini antara lain kelinci, sejenis tikus, berbagai spesies anjing, kelelawar.

Fauna Paleartik

Fauna Paleartik


3. Wilayah Ethiopian

    Wilayah persebarannya meliputi benua Afrika, dari sebelah Selatan Gurun Sahara, Madagaskar dan Semenanjung Arab bagian selatan. Hewan khas daerah ini antara lain: Zebra, Jerapah, Gorila, Gajah, Badak, Tapir, Baboon, Simpanse. Mamalia padang rumput seperti Impala, Singa, Zebra, Antelope, Jerapah, Macan. Mamalia endemik di wilayah ini adalah Kuda Nil yang hanya terdapat di Sungai Nil, Mesir. Namun di Madagaskar juga terdapat kuda Nil namun lebih kecil. Menurut sejarah pulau Madagaskar pernah bersatu dengan Afrika.

Fauna Ethiopian

Fauna Ethiopian

4. Wilayah Neartik

    Wilayah persebarannya meliputi kawasan Amerika Serikat, Amerika Utara dekat Kutub Utara, dan Greenland. Hewan khas daerah ini antara lain Bison, Muskox, Burung Kalkun, Caribau, Kambing Gunung, Tikus Berkantung, Puma, dan hewan yang terdapat diwilayah Paleartik, seperti: Kelinci, Kelelawar, Anjing, Bajing, dan Burung Gagak.

fauna neartik

fauna neartik


5. Wilayah Neotropikal

    Wilayah persebarannya meliputi Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Fauna yang tersebar antara lain Anakonda (Ular Raksasa), ikan Piranha, Belut listrik di Sungai Amazone, Lama (sejenis unta) di padang pasir Atacama (Peru), tapir, dan kera hidung merah. Wilayah Neotropikal dikenal sebagai wilayah fauna Vertebrata karena jenisnya yang sangat beranekaragam dan spesifik, seperti monyet, trenggiling, buaya, ular, kadal, beberapa spesies burung.

Fauna Neotropik

Fauna Neotropik


Sumber : Encarta dan Buku Geografi SMA Kelas 11

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s